7 Tips Liburan Ketika Musim Hujan

By Leonardus Gunawan - Maret 01, 2022

kardilot.com

Liburan merupakan momen yang selalu ditunggu-tunggu oleh setiap orang, liburan juga berdampak baik untuk kesehatan, selain menghilangkan stress setelah bekerja atau menghilangkan suntuk, liburan   juga berguna untuk mengenal beragam destinasi yang belum pernah dikunjungi.

Tapi bagaimana jadwal liburan terganggu karena cuaca sedang musim hujan, sangat jengkel sekali bukan? Kamu tidak perlu khawatir, berikut ini kita akan berikan beberapa tips untuk Kamu yang akan melakukan liburan di musim hujan, simak ulasannya.

  1. Lihat prediksi cuaca

    Melihat panduan ramalan cuaca menjadi hal yang sangat penting, bisa saja tempat yang akan kita tuju akan tutup pada musim hujan, karena tidak aman saat musim hujan datang, seperti wisata air terjun, sungai, dan lainnya.

    Banyak cara untuk cek ramalan cuaca, Kamu bisa cek prediksi cuaca di website resmi BMKG, bahkan hampir di setiap gawai yang kita miliki sudah memiliki fitur notifikasi perkiraan cuaca.

    Akan tetapi, prediksi cuaca tidak seutuhnya akurat 100 persen, maka dari itu Kamu yang akan melakukan juga harus siap dengan konsekuensi yang ada.

  2. Persiapkan payung dan jas hujan

    Siapkan payung dan jas hujan jika ingin bepergian di saat musim hujan, benda ini sebenarnya adalah hal wajib yang mesti ada, sama halnya seperti kata pepatah “sedia payung sebelum hujan”, tidak hanya itu, sandal dan kantong plastik juga sangat perlu.

    Ketika hujan datang, segera untuk mengganti sepatu dengan sandal, masukkan sandal ke dalam kantong plastik dan gunakan jas hujan saat tetesan hujan mulai turun.

  3. Bawa makanan atau minuman herbal

    Musim hujan bisa berdampak buruk untuk imun tubuh, selain bisa membuat dingin, saat musim hujan juga bisa membuat kita demam. Penting bagi kita untuk meningkatkan ketahanan tubuh dengan cara mengkonsumsi makanan dan minuman herbal.

    Banyak sekali minuman herbal yang bisa kita buat secara mandiri, berbagai minuman herbal seperti wedang jahe, madu dicampur dengan air hangat, lemon tea, dan sajian menu herbal lainnya.

  4. Tentukan lokasi liburan indoor

    Supaya liburan tetap nyaman dan aman, selain melihat prediksi cuaca, menentukan lokasi liburan juga menjadi prioritas utama. Hal ini perlu dipertimbangkan lebih dalam agar segalanya berjalan dengan baik-baik saja.

    Saat ini sangat banyak tempat wisata yang sudah menyediakan berbagai wahana indoor, tentunya Kamu tidak perlu khawatir lagi jika diluar sedang musim hujan.

  5. Bawa pakaian ganti

    Pakaian kerap sekali akan terasa lembab saat musim hujan, bahkan jika pun kering, pakaian kering juga kadang tidak cukup mampu menahan dingin nya cuaca, oleh sebab itu, saat ingin bepergian untuk liburan, sebaiknya mempersiapkan pakaian ganti.

    Pakaian ganti yang sangat disarankan yaitu jaket dan baju yang tekstur bahannya lumayan tebal, hal tersebut bertujuan untuk menghindari kedinginan saat kita melakukan aktivitas liburan di kala musim hujan.

  6. Atur jadwal keberangkatan

    Musim hujan saat keberangkatan memang tidak susah ditebak, apalagi jika sudah di tengah perjalanan banyak saja hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. Tentunya ini bisa saja menghambat keberangkatan ke tempat tujuan.

    Baiknya sebelum melakukan keberangkatan untuk menentukan jadwal keberangkatan sematang mungkin, pada umumnya musim hujan di Indonesia terjadi akhir tahun hingga pertengahan tahun.

    Jika belum menentukan jadwal, yuk mulai sekarang atur jadwal, kapan dan dimana lokasi liburan yang bakalan kamu tuju.

  7. Jaga barang elektronik

    Rata-rata dari wisatawan yang ingin pergi liburan membawa barang-barang elektronik nya, selain berguna sebagai alat dokumentasi bahkan ada juga yang menggunakannya sebagai pengisi daya cadang ketika gawai mengalami kehabisan baterai.

    Akan sangat menjengkelkan jika perangkat elektronik kita terkena air atau basah terkena hujan saat ingin liburan.

    Pastikan semua perangkat elektronik yang dibawa terjaga dengan baik saat dibawa kemana-mana, agar barang terjaga dengan baik, gunakanlah pelindung yang tahan dengan air.
Itu dia tujuh tips liburan ketika musim hujan, bagi yang sudah mempersiapkan keperluan liburan, selamat menikmati. Bagi yang belum mempersiapkan, alangkah baiknya mencoba tips yang disarankan.

  • Share:

You Might Also Like

1 comments

  1. Nah, Mantab bener ini tipsnya.. 😁👍 kadang kalau keluar liburan gitu, rada lupa persiapan buat menghadapi hujan.. terima kasih tipsnya min.. 😁😁👍👍

    BalasHapus

Terimakasih sudah mampir untuk membaca dan memberikan pesan, semoga bermanfaat, salam