Ingin Melakukan Pendakian? Hindari dan Jangan Lakukan Hal ini

By Leonardus Gunawan - Januari 20, 2022

 

kardilot,com
Aktivitas Mendaki merupakan salah satu kegiatan yang banyak disukai oleh berbagai kalangan, baik dari remaja, kawula muda, bahkan juga orang yang sudah dewasa, entah itu yang sudah sering maupun orang yang baru dan ingin mencoba mendaki.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat melakukan pendakian tujuannya untuk keselamatan dan keamanan saat mendaki. Mendaki memang memiliki manfaat yang baik, selain menghilangkan stres, sehingga pikiran juga akan memberikan pikiran yang rileks sehingga membuat kita bahagia, tidak hanya itu saja, aktivitas mendaki juga bisa mendekatkan diri dengan alam, dan meningkatkan rasa kepedulian terhadap alam dan sesama manusia.

Supaya pendaki mendapatkan dampak positif saat melakukan pendakian secara maksimal, baik dan mengurangi resiko, berikut hal yang perlu diperhatikan dan untuk tidak dilakukan saat kegiatan pendakian.

1. Jangan buang sampah sembarangan tempat

Tidak bisa di pungkiri lagi, masalah sampah ini memang sudah menjadi budaya buruk, tidak hanya di perkotaan, bahkan masih minimnya rasa kesadaran masyarakat juga sampai ke alam, perlunya kepekaan dan kepedulian untuk masalah ini.

Hal sederhana yang bisa kita lakukan yaitu tidak membuang sampah sembarangan akan tetapi jika tidak menemukan tempat sampah alangkah baiknya simpan sampai kamu menemukan tempat pembuangan sampah.

2. Jangan anggap remeh Gunung

Kondisi alam memang sangat sulit ditebak dan semaksimal apapun persiapan pasti juga memiliki kendala selama di jalur pendakian, jangan pernah untuk meremehkan alam, selain bisa buat kita takabur, juga akan berdampak ke tim atau rekan pendakian kita.

3. Taati aturan saat melakukan pendakian

Rata-rata saat kita melakukan registrasi, petugas posko selalu mengingatkan kita untuk mentaati aturan-aturan yang ada, bahkan juga memasang plang atau spanduk untuk mengingatkan para pendaki agar selalu senantiasa mematuhi aturan.

4. Vandalisme

Tindakan mencoret-coret atau vandalisme bukanlah tindakan yang baik jika tidak dilakukan pada tempatnya, selain membuat buruk pemandangan, vandalisme juga mengurangi nilai keasrian dari alam itu sendiri, selain tidak ada manfaatnya, tindakan ini perlu dihindari dan tidak dilakukan di alam.

5. Hindari buang air kecil maupun air besar di sembarang tempat

Melihat sumber air yang ada di depan tempat tenda atau disekitar, bukan berarti kamu bisa semena-mena. Sumber air yang bersih, bisa jadi dimanfaatkan penduduk lokal untuk kebutuhan mereka sehari-hari. Jangan sampai kita mengotorinya dengan membuang sisa sampo atau sabun sembarangan. Jika ingin Buang Air Kecil (BAK) atau Buang Air Besar (BAB) muncul, lakukan di tanah yang sudah digali cukup dalam, lalu kubur kembali dengan sisa tanah. Jangan lakukan di air yang bersih ya, apalagi di Gunung.

  • Share:

You Might Also Like

2 comments

Terimakasih sudah mampir untuk membaca dan memberikan pesan, semoga bermanfaat, salam