Air Terjun Mini Lubuak Ngalauan, Destinasi Tersembunyi di Kota Padang

By Leonardus Gunawan - November 20, 2021

Siapa yang tidak kenal dengan kota Padang, daerah dengan surga destinasi yang tak kunjung habis untuk di jelajahi, salah satunya air terjun Lubuak Ngalauan yang menjadi objek wisata yang memiliki pesona alam begitu memikat. Sangat banyak kegiatan dan aktifitas yang bisa kamu lakukan selama berada ditempat ini.

Lokasi Air Terjun yang berada di Sungai Bangek, Kota Padang. Pada dulunya daerah ini masih belum dilirik oleh sebagian masyarakat. Namun dengan berkembangnya daerah destinasi dan kegiatan, tempat ini semakin ramai dikunjungi, baik dari kalangan mahasiswa, masyarakat lokal, bahkan ada juga yang datang dari berbagai daerah untuk menikmati wisata yang ada di lokasi ini.

Pada awalnya destinasi ini sudah pernah saya kunjungi, namun itu pun sudah sangat lama sekali, hampir beberapa tahun silam sebelum merebaknya virus corona atau covid19, sehingga ingin kembali lagi rasanya untuk datang dan melihat bagaimana kemajuan dari tempat yang pernah saya kunjungi ini, 

Singkat cerita, saya duduk bercerita dan berdiskusi dengan Alex (@babe-lexs), Wira (@mado-wau) dan Yosep (@_ocep_) bercerita tentang bagaimana perkembangan destinasi yang ada di kota ini, terlintas dalam pikiran,  Air Terjun Ngalauan menjadi tujuan keberangkatan pada siang itu. Saya pun bersama dengan teman-teman lainnya semakin semangat untuk menuju ke lokasi. Perjalanan dimulai dari rumah, dengan mengendarai beberapa motor, dengan estimasi jarak perjalanan 20 menit dari lokasi titik kumpul.


Siapa sangka, tempat yang dulunya tidak banyak orang yang datang, namun saat ini sudah sangat ramai. Semarak suara dan gelak tawa terdengar riuh saat kami sampai ditempat ini. Pemandangan yang masih sangat asri, air dingin dan hijaunya pepohonan rindang, selama perjalanan hendaknya harus hati-hati, dikarenakan bebatuan yang ada cukup licin.

Biasanya banyak air terjun memiliki ukuran yang tinggi, namun berbeda dengan air terjun Lubuak Ngalauan ini, Air terjun ini memiliki ukuran yang kecil dibandingkan dengan tempat lain pada umumnya, wisatawan yang berkunjung ke tempat ini akan dikenakan tarif tiket masuk Rp 5.000/orang.

Jika berkunjung ke tempat ini alangkah baiknya kamu mempersiapkan segala keperluannya ya, mulai dari sandal atau sepatu, tas ransel untuk menyimpan bekal-bekal selama di perjalanan, dan tentunya jangan lupa membawa pakaian ganti, karena alam yang asri ini memiliki suhu air yang lumayan dingin.

Tentunya hal yang paling sangat krusial adalah tetap menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan, dengan tidak membuang sampah sembarangan, apalagi sampai mencoret-coret batu sungai disana, agar destinasi ini tetap terjaga dengan baik dan wisatawan yang datang tetap merasakan keindahannya.

  • Share:

You Might Also Like

1 comments

Terimakasih sudah mampir untuk membaca dan memberikan pesan, semoga bermanfaat, salam