Semen Baturaja, Pondasi Kokoh Untuk Sumatera Selatan Kini dan Masa yang Akan Datang

By Leonardus Gunawan - September 19, 2022


Negara Indonesia merupakan salah satu negara yang menjadi salah satu poros ekonomi terbesar di dunia Internasional. Disamping itu perkembangan industri khususnya pada sektor industri semen nasional juga turut andil mengambil peran dalam pembangunan nasional dan daerah.

Hal ini juga diiringi dengan komitmen pemerintah pusat dalam menggencarkan pembangunan infrastruktur di setiap daerah di Indonesia, keseriusan pembangunan infrastruktur juga tampak jelas dengan dibuktikannya pembangunan masif dan berkelanjutan di Papua, Jawa, Sumatera, mulai dari pembangunan jalan tol Sumatera, jembatan, stadion, bahkan hingga bandara.

Percepatan pembangunan ini juga berbanding lurus dengan kebutuhan semen nasional sebagai bahan baku utama dalam pembangunan infrastruktur guna menopang pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan nasional.

Dengan bertambah banyaknya jumlah produsen semen di tanah air, namun PT Semen Baturaja justru tetap konsisten dan terus kokoh menunjukkan eksistensinya sebagai pabrik kebanggaan masyarakat Sumatera Selatan. Kontribusi nyata Semen Baturaja juga dibuktikan dengan keterlibatannya dalam proyeksi pembangunan nasional dengan keunggulan produk yang dimiliki. Semen Baturaja juga turut andil di berbagai kegiatan sosial, dengan turun langsung membantu masyarakat melalui program-program kemanusiaan.

Bagi kamu yang belum mengenal apa itu Semen Baturaja, ulasan ini akan memberikan informasi yang memberikan edukasi mendalam tentang SMBR, mari simak ulasannya.

PT Semen Baturaja, Produsen Semen Terkemuka di Ranah Sumatera

Pada 14 November 2021, PT Semen Baturaja (Persero) Tbk telah memasuki usia yang ke 47 tahun, tentunya tidak banyak perusahaan di dunia bahkan di Indonesia bisa bertahan hingga usia yang akan memasuki setengah abad ini.

Mengusung Visi “Menjadi Green Cement Based Building Material Company terdepan di Indonesia” sebuah visi yang sangat ideal dan menjadi landasan perusahaan dalam menjalankan kinerjanya, artinya semen Baturaja tidak hanya berfokus pada sektor ekonomi, tapi juga peduli terhadap pengelolaan dan perbaikan lingkungan dengan mengutamakan sosial dan lingkungan, yang menjadi pilar dalam menjamin pertumbuhan Sumatera Selatan yang berkelanjutan, dan mutu hidup generasi saat ini hingga generasi di masa yang akan datang.

Langkah maju dan komitmen semen Baturaja juga diiringi dengan dalam empat pilar yakni :

  • Pertumbuhan Ekonomi Berkelanjutan
  • Iklim, Energi, dan Keanekaragaman Hayati
  • Ekonomi Sirkular
  • Karyawan dan Komunitas

Setiap tahunnya program ini akan terus di kembangkan dan menjadi sasaran untuk kemajuan perusahaan, dengan target pada tahun 2024 untuk setiap pilar.

Pertumbuhan Ekonomi Berkelanjutan

Pertumbuhan ekonomi berkelanjutan adalah proses pembangunan dalam artian lahan, kota, bisnis, masyarakat dan sebagainya, yang memiliki prinsip memenuhi kebutuhan sekarang tanpa mengorbankan pemenuhan kebutuhan generasi di masa depan.

Disamping itu beberapa program atau tindak lanjut untuk mencapainya ialah dengan melakukan pengembangan digitalisasi dan otomatisasi, ketahanan finansial, dan riset pengembangan produk turunan berbasis semen yang ramah terhadap lingkungan.

Iklim Keanekaragaman Hayati

Iklim sejatinya sudah menjadi bagian penting sangat penting dalam rantai kehidupan manusia dan sebagai sistem pendukung kehidupan sebab memiliki manfaat menjaga sumber pangan,sebagai bahan obat-obatan, sumber ilmu pengetahuan, aspek kebudayaan, penyeimbang ekosistem, dan menjamin keberlanjutan alam.

Dengan ikut sebagai promotor dan ikut menjaga keragaman hayati, Semen Baturaja telah merancang beberapa konsep dan tindakan diantaranya, pengurangan emisi CO2 cakupan 1 dari baseline, peningkatan thermal substitution rate, penurunan faktor terak, dan implementasi program konservasi keanekaragaman hayati di area tambang.

Ekonomi Sirkular

Pilar selanjutnya adalah Ekonomi Sirkular, merupakan upaya untuk memperpanjang siklus hidup dari suatu produk, bahan baku, dan sumber data yang ada, dengan tujuan agar dapat dipakai dalam jangka waktu yang lama. Dengan menerapkan program penggunaan bahan baku secara efisien, pemanfaatan limbah B3 sebagai bahan baku dan bahan bakar yang alternatif.

Karyawan dan Komunitas

Untuk pilar terakhir menurut saya adalah upaya yang fundamental, selain membangun hubungan yang harmonis peningkatan mutu karyawan secara sosial menjadi tolak ukur yang patut diperhitungkan bagi setiap perusahaan. Kenapa begitu? karena karyawan dan komunitas merupakan mitra yang begitu penting agar perusahaan tetap bertahan dan lebih baik kedepannya dengan strategi berkelanjutan yakni peningkatan jam pelatihan untuk karyawan setiap tahunnya, peningkatan jumlah penerima manfaat dari program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL), dan yang Zero Fatality.

Perwujudan Komitmen SBBR Secara Fundamental Dibuktikan dengan Perolehan Penghargaan Bergengsi

Semen Baturaja kian diakui sebagai produsen semen bergengsi di Indonesia dengan sederet penghargaan nasional maupun mancanegara , salah satu penghargaan yang capaian atau prestasi yang cemerlang yang berhasil diraih semen Baturaja baru-baru ini di ajang 13th Indonesia Institute for Corporate Directorship (IICD) Corporate Governance Award 2022 ialah Best State Owned Enterprise dan Top 50 Mild Capitalization Public Listed Company yang dihelat di Hall, Graha CIMB Niaga pada 27 Juli 2022. Dalam kesempatan itu semen Baturaja menjemput penghargaan yang diwakili langsung oleh Direktur Utama Semen Baturaja yaitu Daconi. 

“Kami akan terus menjaga dan meningkatkan tata kelola yang baik, sehingga kami mampu memelihara kepercayaan stakeholder. Dan selalu menjadi perusahaan publik terdepan dalam GCG”.

Tentunya penghargaan itu tidak luput dari usaha seluruh elemen SMBR dalam menciptakan segala inovasi dan mempertahankan kepercayaan publik dalam pelbagai aspek guna mewujudkan visi misi perusahaan.

Komitmen dan kiprah semen Baturaja setiap tahunnya terus mengalami peningkatan, hal ini dibuktikan dengan deretan penghargaan bergengsi yang sudah diperoleh, dari tahun 2021 hingga 2022 ini saja banyak perolehan yang sudah berhasil diraih yang diantaranya.

The 12th IICD Corporate Governance Award 2021 Best Overall and Top 50 Mild Capitalization Public Listed Company dari IICD (Indonesia Institute for Corporate Directorship) pada 31 Mei 2021.

Penghargaan SMSI Sahabat Pers dari SMSI (Serikat Media Siber Indonesia) pada 2 Juni 2021.

Mata Lokal Award 2021 BUMN Paling Peduli Lingkungan dari Tribun Sumsel pada 7 Juli 2021.

Juara II Dekorasi Rumah dan Kebersihan Kantor diberikan oleh Gubernur Sumatera Selatan 18 Agustus 2021

Penghargaan sebagai Responden Aktif Memberikan Data Dalam Kegiatan Survei Statistik Industri dari Badan Pusat Statistik Republik Indonesia, pada 30 Agustus 2021.

Perusahaan yang Bermitra dengan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Provinsi Sumsel diperoleh dari Gubernur Sumatera Selatan.

Indonesia Finance Award (IFA) - IV - 2021 Produktivitas Nasional (TKMPN) dengan 2 Platinum award, 8 gold award, dan 1 Silver.

Penghargaan Industri Hijau tahun 2021 Level 5 Pabrik Baturaja dan Pabrik Palembang dari Kementerian Perindustrian Republik Indonesia.

Gold Award (Excellent) The Best Sales Marketing for SEO Public Company ISMA Award Economic Review pada 18 Maret.

Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan Dalam Pengelolaan Lingkungan (PROPER) Peringkat Biru – Pabrik Palembang dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Masa Berlaku selama 1 Tahun.

Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan Dalam Pengelolaan Lingkungan (PROPER) Peringkat Biru – Pabrik Baturaja dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Masa Berlaku selama 1 Tahun.

Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan Dalam Pengelolaan Lingkungan (PROPER) Peringkat Biru – Pabrik Panjang dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Masa Berlaku selama 1 Tahun.



Keunggulan dan Jenis Produk yang Dimiliki Semen Baturaja



Semen Baturaja sebagai produsen semen yang berpengalaman hampir setengah abad selalu konsisten dan mempertahankan dan meningkatkan kualitas dengan sebaik mungkin dengan menggunakan alat dan proses produksi yang menggunakan bahan-bahan yang berkualitas dan tidak lupa dengan untuk menjaga lingkungan.

Berikut ini jenis produk dan keunggulan yang dimiliki semen Baturaja yang benar bisa untuk diandalkan dalam berbagai sektor pembangunan baik skala daerah, nasional, maupun mancanegara.

Portland Composite Cement (PCC)



Merupakan salah satu produk yang memenuhi kriteria SNI 7064: 2014 dan menjadi produk yang dapat direkomendasikan untuk keperluan bangunan konstruksi pada umumnya. Selain itu PCC juga mempunyai keunggulan yang rendah terhadap panas hidrasi, sehingga memudahkan dalam proses pengerjaan dan dapat menghasilkan permukaan beton serta plester yang lebih rapat dan halus.

Produk ini juga tersedia dalam kemasan zak 50 kilogram, bigbag 1000 kilogram dan curah. Biasanya produk jenis PCC ini diaplikasikan pada bangunan konstruksi pada umumnya seperti bangunan perumahan, gedung bertingkat, jembatan, paving block.


Ordinary Portland Cement (OPC) Tipe I



OPC Tipe I ini mempunyai keunggulan karena cepat kering, memiliki daya rekat yang kuat dan hasil adukan yang tidak mudah retak dan kekuatan tekan yang baik.

Jenis produk ini juga tersedia dalam kemasan zak 50 kilogram, bigbag 1000 kilogram dan curah, yang bisa diaplikasikan pada struktur jembata, jalan beton, komponen banguna bertingkat seperti panel beton, tiang pancang, landasan pacu pesawat udara.

Ordinary Portland Cement (OPC) Tipe II



Ordinary Portland Cement (OPC) Tipe II merupakan salah satu jenis produk Semen Baturaja yang memenuhi kriteria SNI 2049 : 2015 dan dapat direkomendasikan untuk keperluan bangunan konstruksi yang memerlukan ketahanan terhadap kandungan asam sulfat sedang (0.10 – 0.20%) & panas hidrasi bersifat sedang “Medium Resistance”.

Produk ini bisa digunakan yang letaknya berada di pinggir laut, tanah rawa, dermaga, saluran irigasi.

Ordinary Portland Cement (OPC) Tipe V



Ordinary Portland Cement (OPC) Tipe V merupakan salah satu jenis produk Semen Baturaja yang memenuhi kriteria SNI 2049 : 2015 dan dapat direkomendasikan untuk keperluan bangunan konstruksi yang memerlukan ketahanan terhadap kandungan asam sulfat tinggi (lebih dari 0.20%) & panas hidrasi bersifat tinggi “Ultra Resistance”.

OPC Tipe V tersedia dalam kemasan bigbag 1000 kilogram dan curah. OPC Tipe V biasanya diaplikasikan pada bangunan konstruksi di bawah air, pelabuhan, terowongan, kawasan tambang, bangunan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) dan project geothermal.

Baturaja Mortar



Selanjutnya jenis produk yang terakhir adalah Baturaja Morta, merupakan jenis produk yang diformulasikan dengan fungsi dan kegunaan spesifik. Semen ini juga menjadi bahan bangunan alternatif pengganti adukan semen-pasir konvensional.

Memiliki keunggulan tidak perlu penambahan material lain, tapi dapat langsung diaplikasikan hanya dengan menambahkan air secukupnya, sehingga lebih hemat pemakaian, serta menggunakan aditif khusus untuk meningkatkan kualitas.

Produk ini terdiri dari 5 (lima) varian: perekat keramik, pasangan bata dan plesteran, pasangan bata ringan, acian abu-abu dan acian putih yang tersedia dalam kemasan zak 40 kilogram dan 25 kilogram.

Kontribusi Semen Baturaja Membangun Sumatera Selatan, Aksi Nyata Tulus Dari Hati

Wujud kontribusi dan dedikasi yang dilahirkan semen Baturaja tentunya sudah terbukti dengan banyaknya program kemanusiaan dan membantu perekonomian masyarakat di Sumatera Selatan. Tidak hanya sampai disitu saja, program-program yang bersifat berkelanjutan ini terus didedikasikan untuk seluruh elemen, tidak hanya Sumatera Selatan, tapi juga seluruh masyarakat dari Sabang hingga Merauke.

43 tahun hadir memberikan warna, inilah beberapa dedikasi dan aksi nyata semen Baturaja dalam membangun kejayaan negeri.

Semen Baturaja Salurkan Bantuan Kepada Korban Banjir di Kabupaten OKU

Salah satu aksi nyata semen Baturaja dalam aksi kemanusiaan ialah selalu tanggap dan cepat memberikan bantuan yang terkena banjir di berbagai daerah. Bencana Banjir di kabupaten OKu yang terjadi pada waktu lalu langsung mendapatkan penanganan langsung dari tim semen Baturaja. Penyerahan bantuan kemanusiaan itu juga diserahkan oleh Dept. Corporate Social Responsibility (CSR) SMBR kepada Dinas Sosial Kabupaten OKU.

Program Vaksinasi Nasional dengan Berbagai Stakeholder

Merebaknya pandemi Covid-19 di seluruh Indonesia, semen Baturaja lakukan upaya guna memutus rantai penyebaran Covid melalui program vaksinasi nasional.

Sinergi vaksinasi nasional ini juga turut melibatkan berbagai elemen yang ada, mulai dari masyarakat karyawan, instansi kepolisian, serta pihak lainnya. Program ini terbukti ampuh dan sukses dalam memutus rantai penyebaran pandemi yang ada dan disambut baik dari peserta yang ikut serta dalam vaksinasi nasional ini.

Kontribusi Semen Baturaja Terhadap Lingkungan

Tidak hanya aksi sosial, Kontribusi nyata juga tertuang dalam aksi penghijauan lingkungan, hal ini juga menjadi bukti nyata, langkah maju melalui pilar dan visi misi yang di gaungkan oleh semen Baturaja juga sudah tampak jelas.

Kegiatan ini tentunya sebagai upaya dukungan semen Baturaja untuk mendukung gerakan hijaukan lingkungan dengan salah satu kegiatan melakukan penanaman Durian, dan menjadikan galian bekas tambang sebagai kebun durian, yang nantinya diharapkan memberikan manfaat bagi seluruh elemen yang ada.

Program TJSL yang Berkelanjutan

Semen Baturaja memiliki misi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan kemandirian di wilayah operasional, melalui berbagai kontribusi baik secara langsung maupun tidak langsung, sehingga ekonomi masyarakat terus mengalami peningkatan.

Ruang lingkup program TJSL INI dibagi ke dalam 4 (empat) pilar utama berdasarkan tujuan pembangunan yang bersifat berkelanjutan antara lain.

Pilar Sosial

Adapun yang menjadi sasarannya adalah masyarakat tanpa kemiskinan, masyarakat tanpa kelaparan dan peduli terhadap pendidikan yang berkualitas.

Pilar Ekonomi

Guna tercapainya pertumbuhan ekonomi yang berkualitas melalui keberlanjutan peluang kerja dan usaha dan energi bersih dan didukung dengan kemitraan diantaranya, energi bersih dan terjangkau pekerjaan layak dan pertumbuhan.

Pilar Lingkungan

Dalam melakukan pengelolaan lingkungan yang berkelanjutan sebagai penyangga seluruh kehidupan yakni kota dan permukiman yang berkelanjutan, penanganan perubahan iklim, dan ekosistem daratan.

Pilar Hukum dan Tata Kelola

Pilar yang terakhir adalah sebagai salah satu terwujudnya kepastian hukum dan tata kelola yang efektif, transparan, akuntabel, dan partisipatif untuk menciptakan stabilitas keamanan dan mencapai negara berdasarkan hukum, perdamaian, keadilan dan kelembagaan yang tangguh.

Perusahaan nuga menyalurkan bantuan dana pada program TJSL di seluruh wilayah Republik Indonesia, dengan mengutamakan wilayah di sekitar perusahaan.

Semen Baturaja, Salah Satu Semen Terbaik di Indonesia, Ini Faktanya

PT. Semen Baturaja terus melakukan upaya untuk mempertahankan kinerjanya sebagai satu upaya yang dilakukan adalah dengan menjaga kualitas produk. Hampir setengah abad semen Baturaja bersinergi untuk membangun negeri, hingga menjadi yang terbaik di Indonesia.

Lalu kenapa saya berani mengatakan semen Baturaja menjadi salah satu produsen semen terbaik di Indonesia? nah ini dia beberapa faktanya

Berpengalaman Selama 43 tahun

Salah satu yang hal yang membuktikan suatu perusahaan dapat dikatakan berpengalaman yaitu dari segi umur, hampir memasuki setengah abad, umur ini terbilang sudah sangat matang dan berpengalaman dalam menjalankan roda perusahaan, selain itu torehan penghargaan bergengsi juga turut membuktikan bahwa semen Baturaja layak untuk disematkan sebagai produsen semen terbaik yang ada di Indonesia.

Menjadi Produsen Semen Terbesar di Sumatera Bagian Selatan

Semen Baturaja tidak hanya memiliki komitmen nyata dalam berbagai regulasi kemasyarakatan, akan tetapi komitmen nyata juga terus tampak pada sektor produksi agar tetap mempertahankan produknya menjadi produsen terbesar di Sumatera bagian selatan, nasional, bahkan juga menuju internasional.

Kualitas dan Kuantitas Produksi Yang Stabil Serta Terjaga dengan Baik

Berbicara kualitas dan kuantitas, tentu kita tidak perlu diragukan lagi, Semen Baturaja memiliki beragam variasi produk yang tentunya dapat menjadi keunggulan infrastruktur nasional maupun bahan bangunan yang berbasis pada kemasyarakatan seperti pembangunan rumah, fondasi, dan lainnya.

Kontribusi Nyata Membangun Negeri

Berbagi partisipasi Semen Baturaja juga terus terlihat jelas di mata masyarakat, Semen Baturaja juga terus ikut ambil andil dan turut membantu meringankan beban yang ada pada Masyarakat, seperti memberikan bantuan sosial kebencanaan, penyelenggaraan vaksinanasi nasional, dan berbagai kontribusi lainnya yang terus hadir dan bersifat berkelanjutan.

Sumber referensi: semenbaturaja.co.id, liputan6.com

  • Share:

You Might Also Like

0 comments

Terimakasih sudah mampir untuk membaca dan memberikan pesan, semoga bermanfaat, salam