Benteng Vredeburg, Tempat Sejarah Yang Menarik dan Mengedukasi

By Leonardus Gunawan - Februari 01, 2022


kardilot.com
Yogyakarta tentunya tidak asing lagi terdengar oleh kita, memiliki beragam pesona yang selalu membuat pengunjung untuk terus merasakan kerinduannya, daerah yang terkenal dengan julukan Kota Pelajar, Kota Budaya, bahkan juga Kota Pariwisata. Daerah Istimewa Yogyakarta juga sangat banyak sekali menyimpan tempat bersejarah, salah satunya adalah museum Benteng Vredeburg, museum ini terletak tidak jauh dari Malioboro dan titik nol kilometer Kota Yogyakarta, tepatnya terletak di Jl. Margo Mulyo No. 6 Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta.

Benteng Vredeburg ini dibangun pada tahun 1760 oleh Sri Sultan Hamengku Buwono I atas permintaan Belanda pada masa itu yang dipimpin oleh Nicolaas Harting. Adapun tujuan dari dibangunnya Museum untuk menjaga keamanan di kraton Yogya dan wilayah disekitarnya, tetapi Belanda pada masa itu punya tujuan dan maksud lain, alih-alih ingin menjaga kraton, justru sebenarnya untuk memudahkan serta mengontrol perkembangan yang terjadi di dalam keraton.

Sebelumnya Benteng Vredeburg juga pernah berganti nama, yang pada awalnya bernama Rustenburg yang berarti “benteng peristirahatan”, akan tetapi pada tahun 1967 di Yogyakarta terjadi bencana gempa bumi yang sangat dahsyat, sehingga menjadikan sebagian benteng tersebut menjadi rusak. Selang kejadian bencana tersebut, benteng dilakukan tahap perbaikan dan diubah namanya menjadi “Vredeburg” yang berarti benteng perdamaian, dengan tujuan agar hubungan Belanda dan Keraton tidak saling menyerang.

Singkat cerita, dengan berjalannya waktu, pemerintah akhirnya meresmikan benteng bersejarah ini menjadi museum, pada saat ini, setiap ruangan dan bangunan yang ada dalam Museum Benteng Vredeburg difungsikan sebagai diorama sekaligus objek pengingat momen perjuangan.

Waktu Operasional Museum

Ada hal yang berbeda dengan Museum Vredeburg ini, jika tempat wisata pada umumnya untuk hari senin tetap buka, namun museum ini pada hari senin tempat ini tutup, ini bertujuan agar pengelola memerlukan ruang dan waktu untuk merawat dan menjaga koleksi-koleksi pada museum. Museum dibuka mulai dari hari Selasa-Minggu dari pukul 07.30-16.00 WIB.

Untuk harga tiket masuk museum juga sangat terjangkau, pengunjung untuk anak-anak cukup membayar tiket masuk sebesar 2.000 Rupiah dan pengunjung lokal dewasa hanya dikenakan tiket masuk seharga 3.000 rupiah.
Disamping itu, untuk wisatawan asing tiket masuk ke museum Benteng Vredeburg hanya Rp.10.000. Sedangkan bagi pengunjung yang datang dengan rombongan dengan jumlah minimal 20 orang, tentunya akan mendapatkan potongan harga tiket yang lebih murah.

Fasilitas yang tersedia

Untuk pengunjung yang datang ke lokasi ini, juga tersedia berbagai fasilitas yang tentunya bisa digunakan dengan baik, fasilitas yang tersedia antara lain :

Perpustakaan.
Bagi yang suka membaca, di museum ini juga tersedia ruang baca, selain kita bisa berwisata kita juga diajak untuk menambah minat literasi baca, dengan bermacam aneka-aneka bacaan yang tentunya sangat menarik.

Mushola
Jika sudah memasuki waktu untuk salat, kita tidak perlu bingung dan jauh-jauh untuk mencari tempat menunaikan kewajiban, disini juga tersedia fasilitas untuk ibadah, fasiltias yang tersedia tentunya sangat membantu.

Pelataran yang luas

Pelataran bersantai di Museum ini juga sangat luas, selain luas tempatnya uda tenang, sangat banyak pengunjung yang datang dan duduk bersantai di halaman ini. Bahkan juga ada yang menggunakan pelataran ini untuk melakukan aktifitas menggambar dan melukis.

Kamar mandi
Fasilitas umum ini jelas sekali sangat berguna, dan memang sudah ada pada umumnya tersedia di berbagai tempat. Selain nyaman, toilet disini juga sangat bersih dan rapi.

Akses Internet
Tentunya juga bisa menikmati akses internet dengan gratis serta fasilitas penunjang lainnya, yang membuat pengunjung betah untuk datang dan kembali ke lokasi ini.

  • Share:

You Might Also Like

3 comments

  1. Seru juga ini mas kapan bisa kesana

    BalasHapus
  2. Sangat menginspirasi bagi yang belum pernah datang kesini, juga menambah edukasi bagi yang belum mengenal tentunya

    BalasHapus

Terimakasih sudah mampir untuk membaca dan memberikan pesan, semoga bermanfaat, salam