Teh Talua, Minuman Tradisional Kaya Akan Citarasa

By Leonardus Gunawan - Februari 09, 2022

kardilot.com

Sembari mengitari berbagai destinasi yang tersedia, pastilah tenaga juga perlu di isi. Selain untuk menambah tenaga selama perjalanan, juga untuk mengenal berbagai kuliner yang ada di suatu tempat, yang tentunya selalu menjadi teman yang tidak bisa dipisahkan jika kita pergi untuk berwisata, baik itu dari makanan, bahkan juga minuman.

Di daerah ini kita akan mengenal salah satu minuman khas dari Sumatera Barat, yaitu Teh Talua atau Teh Telur. Minuman yang sangat enak dan tentunya kaya akan khasiat dan manfaat untuk menambah stamina dan energi. Jika dilihat sekilas Teh Talua memiliki tampilan yang hampir mirip dengan teh tarik, tapi dari cara penyajiannya dan rasanya tentunya sangatlah berbeda.

Minuman ini dibuat dengan kuning telur ayam kampung, kemudian dikocok hingga menghasilkan busa, setelah itu dicampur dengan air panas, gula atau kental manis serta sedikit perasan jeruk nipis.

Bagi yang belum pernah mencoba pasti akan mengira minuman ini akan terasa amis. Tapi ini tidak, karena suguhan dan cara pembuatannya juga dengan cara dan menggunakan bahan alami, yang tentunya tidak akan berbau amis seperti dibayangkan. Rasa legit, gurih dan nikmat justru akan terasa saat pertama kali menyeruput segelas teh berbusa putih ini. Kehangatan Teh Talua langsung melegakan tenggorokan dan menghangatkan tubuh.

Dulunya, Teh Talua hanya diminum oleh saudagar kaya di Minang. Namun, saat ini siapapun bisa menikmati kehangatan teh tradisional ini. Ada banyak kedai Teh Talua di Sumatera Barat, bahkan di luar wilayah Sumatera Barat teh ini juga sudah ada kedai yang menyajikan minuman ini.

Jika kamu berada di Sumatera Barat, teh telur tentunya sangat mudah untuk ditemui di warung-warung, apalagi jika berada di daerah pariwisata, seperti di Bukit Tinggi, Kota Padang, Kota Solok, dan daerah destinasi wisata lainnya. Karena minuman ini sudah ada dari dari dulu hingga diwariskan sampai saat ini.

Harganya juga tidak terlalu mahal, dengan merogoh kocek Rp. 8.000 – Rp. 15. 000, kamu sudah bisa menikmati minuman berkhasiat ini, bahkan kamu juga bisa dibuat secara mandiri dirumah, atau jika sangat penasaran dan ingin mencoba meraciknya dengan berbagai campuran bahan alami lainnya.

  • Share:

You Might Also Like

0 comments

Terimakasih sudah mampir untuk membaca dan memberikan pesan, semoga bermanfaat, salam